5 Alasan mengapa Aikido berbahaya untuk dipraktekkan di pertarungan nyata

1. Tidak ada aturan

Dalam Aikido, ketika dipraktekkan di pertarungan nyata, semua tehnik adalah sah, sepanjang menempatkan prioritas keselamatan diri sebagai yang teratas. Meludah, mencakar, menyerang kemaluan, menggigit, menjambak, semua yang dilarang dalam pertarungan ring, tidak dilarang jika kepentingannya adalah kepentingan yang berdasarkan ilmu perang yang menjadi akar Aikido: hidup atau mati.

 

2. Belajar menyamakan waktu pergerakan

Bukan lebih cepat, pun terlambat artinya fatal. Kesamaan waktu pergerakan memberikan dampak psikologis yang besar terhadap lawan dalam pertarungan nyata, memperbesar kesempatan praktisi untuk melihat dan menutup celah. Aikido tidak menunggu serangan, puntidak menyerang lebih dulu, tapi menyerang serangan itu sendiri sehingga dampak negatifnya teredam dan mengantarkan penyerang dan yang diserang ke dalam win-win solution.

 

3. Pembelajaran yang tepat memungkinkan kita untuk mengenali celah dalam serangan

Lihat nomor 2. 

 

4. Menawarkan kebebasan dalam mengadaptasikan tehnik dalam situasi apapun

Baca nomor 1 dahulu. Dengan demikian tehnik beradaptasi dengan situasi, tidak ada tehnik yang baku, apa yang dipelajari di matras adalah prinsip, belajar satu persatu huruf dalam alfabet sebelum bisa membaca apapun yang ingin dibaca.

 

5. Pembelajaran yang tepat memampukan praktisi untuk merasakan niat  lawan, dengan demikian memungkinkan untuk mengambil inisiatif lebih dulu

Rajin berlatih memampukan seorang praktisi untuk membaca gerak-gerik dan bahasa tubuh, ini adalah awalnya. Di tingkat yang lebih lanjut, membaca niat dan merasakannya kemudian memampukan seorang praktisi mengambil inisiatif yang diperlukan sebelum sesuatu yang buruk terjadi.

 

 

“Applications are easy, keeping oneself calm and deciding what to apply (or even to walk by) in difficult situations are hard”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: