Buki-waza/Kihon-waza, Katate-tori Gyaku-hanmi Uchi-Kaiten-nage

Artikel ini ditulis sebagai bahan pendukung latihan, adapun manfaat yang diperoleh dari mempelajari buki-waza antara lain adalah memudahkan pengenalan “extend-ki”, metode pendukung untuk tandoku-dosa, tambahan detail, dan pembelajaran sejarah yang secara khusus berkenaan dengan perihal bagaimana tehnik Aikido dapat dikatakan berasal dari tehnik perang.

Eksperimen

Sebagai gambaran bagaimana Aikido merupakan cerminan dari tehnik tempur di masa keemasan para samurai, berikut salah satu kihon-waza yang saya eksperimenkan sebagai buki-waza, yang tanpa diubah bentuknya sama sekali, merupakan tehnik tachi-waza yang biasanya dilatih secara berpasangan (sotai-dosa), namun dengan menggunakan bokken, bisa dilatih tanpa uke, tidak lain katate-tori gyaku-hanmi uchi-kaiten nage

Eksperimen ini pada awalnya saya lakukan untuk membantu para kohai berlatih sendiri di rumah, supaya mereka tetap dapat berlatih sendiri untuk menghafal materi ujian. Karena umumnya hanya diatas matraslah kita dapat berlatih dengan bantuan uke, jadi sotai-dosa bisa berubah menjadi tandoku-dosa, hanya dengan bermodalkan bokken. Dengan pemahaman yang tepat, kita dapat melihat posisi suki, resiko cedera, luka, serta waktu dan posisi yang tepat untuk melakukan atemi. Tidak tertutup kemungkinan tehnik-tehnik lain dapat dilakukan dengan metode yang sama, contoh di bawah hanyalah salah satu dari tehnik yang memungkinkan untuk dilatih.

Dengan adanya senjata di tangan, maka tehnik Aikido yang sebelumnya adalah tehnik yang menyelamatkan, kemudian berubah drastis menjadi tehnik yang keji, penuh dengan atemi dan resiko cedera. Sebagai contoh, sedikitnya ada tiga irisan yang dapat dilakukan pada saat melakukan katate-tori uchi kaiten-nage dengan tori memegang bokken di tangan kanan, yaitu di leher bagian muka pada saat atemi pertama,

Start with corner-step, direct the bokken's blade to the face. When you remove the bokken, the movement will be the same with kaiten-nage's 1st move.

di rusuk pada saat atemi kedua,

Second step, irimi, entering deep to ura-side, cut to the left rib, pay attention to maintain the direction of your center to uke.

Return to regular grip after entering, and start directing the blade to uke's neck

Details on jodan-kuzushi

Placing the cut after entering

dan irisan terakhir berupa potongan untuk memenggal leher pada saat tangan kiri mengunci leher uke di posisi bawah.

Executing position, rather than regular "wheel" motion, I believe in tachi-waza, execution is done by slicing the bokken's blade to the neck while moving right foot forward towards uke.

Details on neck cut

Perlu dimengerti bahwa foto-foto diatas hanya merupakan gambaran bagaimana tehnik dilakukan selangkah demi langkah, berkaitan untuk tujuan awalnya sebagai metode menghafal, maka dari itu faktor-faktor “real” seperti “kuzushi” atau detail persendian sementara diabaikan. Adapun demikian gerakan ini dapat diadopsi langsung ke dalam tehnik tangan kosong hanya dengan melepas bokken.

Metode Buki-waza

Dengan metode latihan buki-waza, bukan hanya nage yang mendapatkan keuntungan dengan memeperoleh detail tehnik dan metode menghafal mandiri, namun uke juga berlatih untuk lebih teliti dalam mempertanyakan suki yang ada dalam setiap waza, karena pada umumnya, disaat latihan, suki timbul karena tehnik yang dilakukan secara “step-by-step”.

Dengan metode ini, uke maupun nage dapat melihat setiap suki yang ada dan dapat dimanfaatkan untuk atemi pada saat tachi-waza, dengan demikian memperkaya detail dan pemahaman akan resiko nyata dari sebuah tehnik dan pemanfaatannya, untuk lebih lanjut menjadi landasan dari kreasi tehnik aplikasi dan terapan.


2 responses to “Buki-waza/Kihon-waza, Katate-tori Gyaku-hanmi Uchi-Kaiten-nage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: